Wakil Bupati Sleman Mengapresiasi Gelar Budaya Manggarai di Denggung

share on:
Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun (kanan) memberikan apresiasi kepada Wakil Bupati Manggarai Barat di arena Gelar Budaya Ikamaya, Minggu (27/10/2019) || YP/Agung Dwi Purwanto

Yogyapos.com (SLEMAN) - Bertempat halaman pakir Denggung Sleman, Minggu (27/11), Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun membuka gelar budaya Ikatan Keluarga Manggarai Raya Yogyakarta (Ikamaya) tahun 2019.

Dengan didampingi Wakil Bupati Manggrai Barat, Maria Geong memukul gong tanda dimulainya pagelaran. Dalam pagelaran budaya ditampilkan beberapa tarian tradisional di antaranya Tarian Caci, Tarian Dedang, Tarian Merauke, serta Tarian Danding Elar Selatan.

Pagelaran budaya ini merupakan salah satu program kerja Ikamaya tahun 2019, yang bertujuan salah satunya meningkatkan kesadaran warga Manggarai Yogya tentang  pentingnya menjaga kebudayaan Manggarai agar tidak punah oleh jaman.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun dalam sambutannya antara lain mengatakan memberikan apresiasinya atas penyelenggaraan pagelaran budaya oleh Ikamaya di Kabupaten Sleman. “Saya menyambut gembira pelaksanaan kegiatan semacam ini,Karena melalui kegiatan budaya memupuk kembali kecintaan pada budaya nusantara. Dan kegiatan semacam ini bisa untuk berkomunikasi antar anak bangsa sendiri,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Manggarai Barat, Maria Geong mengaku bangga dengan diselenggarakan budaya seperti ini, serta berharap dapat hidup berdampingan dengan etnis lain. “Kami juga mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Kabupaten Sleman terkait penyelenggaraan seni budaya Mabggarai,” ucapnya.

Saat ini, kata Bupati yang pernah hidup selama 7 tahun di Yogya, masyarakat Manggarai yang ada di Sleman 1500 orang. Diharapkan dapat juga belajar tentang pariwisata sehingga memperoleh pengalaman baru. (Agung DP)


share on: