Ratusan Siswa Masjid Syuhada Ikuti Manasik Haji

share on:
Peserta manasik haji melaksanakan thowaf dalam manasik haji yang diselenggarakan Sekolah islam Terpadu Masjid Syuhada Yogyakarta || YP/Heru Trijoko

Yogyapos.com (YOGYA)  - Ratusan siswa tingkat TK, SD dan SMP Islam Terpadu Masjid Syuhada Yogyakarta, Kamis (08/08/2019) mengikuti latihan manasik haji di kompleks sekolahan setempat. Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan wawasan tentang pelaksanaan ibadah haji di Mekah serta memotivasi para siswa agar bertekad menunaikan ibadah haji saat sudah dewasa nantinya. 

Satu persatu proses dilakukan lengkap dengan menggunakan pakaian ihrom seperti halnya ibadah haji sesungguhnya. Simulasi ibadah haji dimulai dengan pelaksaanaan wukuf hingga thowaf mengelilingi miniatur kabah, sembari melantunkan doa yang didampingi guru pembimbing. 

"Tujuan kegiatan ini untuk memberikan bekal kepada siswa tentang tata cara pelaksanaan ibadah Haji, sekaligus memotivasi anak agar suatu saat punya keinginan untuk melaksanakan ibadah tersebut, yang merupakan rukun islam, " ungkap Ketua Panitia Latihan Manasik Haji TK, SD dan SMP IT Masjid Syuhada Jogja, Hj Zainab Robiah SAg.

Zainab melanjutkan, peserta yang terlibat dalam agenda kegiatan ritin tahunan ini, terdiri dari ratusan siswa dan beberapa wali siswa.

"Untuk TK ada 76 anak kelas B, untuk yang SD kelas 6 diikuti oleh 113 anak dan SMP diikuti kelas 7 sebanyak 112 anak, kemudian yang kelas 8 dan 9 ada 10 anak," jelasnya. 

Menurutnya, keseluruhan peserta mengikuti semua rangkaian syariah melaksanakan ibadah haji, dimulai Miqat, harus memakai pakaian ihram kemudian jalan menuju Makah, lalu ke Masjidil Haram mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali lalu minum air Zam-zam.

"Dari Masjidil Haram berangkat menunaikan ibadah Sa'i berkeliling 7 kali dari bukit Sofa ke bukit Marwa. Lalu melaksanakan inti haji yakni melakukan wukuf di Padang Arofah, lalu anak- anak ke Musdalifah lalu ke Mina," kata dia. (Oto)

 

 


share on: