RAMADHAN, BERLOMBA DALAM KEBAIKAN : Ikadin Yogya Salurkan Sembako dan Penyuluhan Hukum

share on:
Hj Susie Fitri SH MH mewakili pengurus Ikadin Yogya memberikan bingkisan secara simbolis kepada sejumlah nelayan Pantai Samas || YP/Ist

Yogyapos.com (KULONPROGO) – Berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul khoiroat) di bulan suci Ramadhan dilakukan oleh sejumlah elemen masyarakat. Mereka bukan saja meningkatkan ibadah syariat, tetapi juga hubungan kemanusiaan (hablumminannas) melalui kegiatan silaturahmi dan bakti sosial.

Hal itu seperti dilakukan pengurus DPC Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Yogyakarta yang diketuai advokat senior Ariyanto SH MH, di Pantai Samas, Minggu (19/5/2019). Selain silaturahmi, dilakukan pula penyuluhan hukum, pemberian ratusan bingkisan dan berbuka puasa bersama dengan para nelayan setempat.

Kali ini kami silaturahmi ke sini, karena merekalah sebagian warga yang pernah diadvokasi ketika menghadapi persoalan hukum gara-gara penangkapan kepiting yang diklaim milik korporat,” ujar Ariyanto didampingi Sekretarisnya Deddy Sukmadi SH Mhum, para senior organisasi Daris Purba SH, Hj Titiek R Danumiharjo SH MM dan Hj Susie Fitri SH MH.

Ariyanto yang juga kandidat doktor bidang hukum ini menjelaskan, Ikadin sebagai organisasi advokat maupun advokat pada umumnya memiliki tanggung jawab sesuai amanat konstitusi memberikan bantuan hukum cuma-cuma kepada warga tidak mampu secara ekonomi. Dan itu sudah sering dilakukan, bahkan kemudian menjadi bagian penting menggelontorkan program penyuluhan hukum.

“Ibarat kata pepatah sekali mendayung sekian pulau terlampaui, kami melakukannya kepada nelayan Pantai Samas. Artinya advokasi sekaligus penyuluhan hukum agar mereka memiliki pengetahuan hukum yang cukup untuk menghadapi pekerjaannya sebagai nelayan,” timpal Marison SH selaku Koordinator Acara.

Diungkapkan, dalam acara silaturahmi dan berbuka puasa bersama itu hadir sejumlah tokoh masyarakat setempat seperti Sadino dan Dwi Wiratmo. Dari merekalah Ikadin Yogya semakin mengetahui problematik para nelayan Pantai Samas. Sehingga secara berlanjut akan dilakukan pendampingan hukum oleh para anggota. (Inu)

 


share on: