Rakornas Lembaga Kebudayaan Aisyiyah Diikuti 70 Peserta

share on:
Suasana Rakor lembaga Kebudayaan PP Aisyiyah | YP/Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Menindak lanjuti amanat Tanwir Aisyiyah di Surabaya, Lembaga Kebudayaan yang merupakan salah satu Badan Pembantu Pimpinan Pusat menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) mengangkat tema ‘Literasi Budaya Mencerdaskan Bangsa’, di Kantor PP Aisyiyah Jalan KH Ahmad Dahlan Yogyakarta, Jumat-Sabtu (26-27/4/2019).

Menurut Wakil Ketua Lembaga Kebudayaan PP Aisyiyah Hj Widiyastuti SS MHum, 

Lembaga Kebudayaan sejak berdiri telah mengalami perkembangan pemikiran dengan mencoba untuk menyampaikan bahwa kebudayaan tidak sekadar kesenian atau yang sifatnya tangible. Namun juga menyentuh hal-hal yang tak kasat atau intangible seperti nilai-nilai. Bahkan, kini sudah masuk dalam hal yang sifatnya pembudayaan yang berbasis pada local genuine dan local wisdom

“Literasi budaya memiliki makna untuk memahami budaya-budaya khususnya budaya lokal yang ada di sekitar kita. Budaya-budaya yang ada di sekitar adalah suatu hal yang bisa dipergunakan sebagai media untuk penguatan karakter apapun,” katanya. 

Kegiatan berskala nasional ini diikuti 70 orang anggota Aisyiyah dari tingkat wilayah dan daerah. Selain Rakornas, Lembaga Kebudayaan Aisyiyah tahun 2019 juga gelar koordinasi dan konsolidasi, pelatihan menulis artikel populer dan pelatihan story telling serta kunjungan ke Rumah Seni Zamrud dan Taman Pustaka Ad Dzakiya. 

Salah satu program unggulan Lembaga Kebudayaan PP Aisyiyah adalah cinta budaya dan cinta ilmu.

"Jadi kita ingin mengangkat tentang budaya baca dan tulissebagai media yang cukup efektif untuk menginformasikan dan mentransformasikan nilai. Sehingga kita mendorong perempuan-perempuan Aisyiyah untuk giat menulis dan menulis laman-laman medsos mereka dengan hal-hal yang inspiratif," terang Widiyastuti. (Afn)

 


share on: