Proyek Rusunawa Sidomulyo Memasuki Tahap Konstruksi

share on:
Tampak sedang dikebut proses pengerjaan konstruksi beton di bagian timur lokasi, setiap saat tak luput dari pengawasan petugas PT Tigamas Selaras || YP/Ismet

Yogyapos.com (YOGYA) – Meski baru sebulan berjalan, proyek pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Jalan Sidomulyo, Kelurahan Bener, Tegalrejo, Kota Yogyakarta telah memasuki tahap konstruksi.

Hasil pantauan yogyapos.com pasca tahap pondasi, Senin (8/7/2019) tampak dilakukan pengerjaan konstruksi berupa penanaman tiang-tiang beton di bagian timur area seluas 14,3 X 61, 42 M2. Tiang-tiang pokok itu sudah berdiri untuk beberapa kamar.

“Kami memang melakukan pengerjaan ini sesuai tahapan yang ada dan diharapkan bisa rampung seluruhnya sebelum deadline 29 Desember mendatang,” ujar Ibnu Hiban selaku Survayer PT Tiga Mas Selaras.

Ibnu merespon harapan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Ign Sudarno ST MT sebagaimana diberitakan yogyapos.com sebelumnya yang berharap proyek tersebut bisa rampung sebelum deadline tanggal 29 Desember 2019. Sehingga bisa diserahterimakan ke Pemkot Yogya sebelum akhir tahun. Hal ini mengngatk pada menjelang momentum pergantian tahun cenderung terjadi peningkatan kegiatan di tengah masyarakat.

Proyek Rusunawa dari dana APBN senilai Rp 14,6 miliar yang pengerjaannya dimulai sejak 31 Mei ini didirikan di bagian utara di atas tanah seluas 2.680 M2. Dengan dibangunnya proyek 1 Tower Block (TB), berarti masih ada lebih dari separuh tanah yang kosong. Dan di atas tanah yang kosong ini kelak akan dibangun lagi 1 TB Rusunawa. “Kabarnya 1 TB Rusunawa lagi akan dibagun pada tahun berikutnya,” sela pria yang akrab disapa Aan mewakili PT Tiga Mas Selaras yang selama ini sudah berpengalaman menggarap Rusunawa di sejumlah kota seperti Purworejo, Surakarta, dan lainnya. Bentuk Rusunawa yang digarapnya dimana pun cenderung sama. Rata-rata memiliki ukuran kamar 3 X 6 M.

Sejauh ini lancar-lancar saja. Tak ada kendala. Demikian pula selama pengerjaan proyek Rusunawa Jalan Sidomulyo, Bener, Yogya. Walaupun kondisi jalan relatif sempit, tapi semua dapat diatasi dengan mudah. Termasuk dalam hal pengadaan barang menuju lokasi, tak mengganggu lalu lintas sekitar karena dipandu oleh petugas internal dengan menggunakan HT (handy takly) dari gapura di Jalan Kiai Mojo menuju lokasi.

Kehadiran Rusunawa juga mendapat sambutan posotif dari masyarakat. Bahkan jauh-jauh hari sudah banyak warga kurang mampu yang sudah berangan-angan pada saatnya nanti untuk bisa menempati bangunan tersebut. (Met)

 

 

 

 


share on: