Pameran Seni Wirama dan Wiraga Meriahkan FKY 2019

share on:
Suasana pengunjung menikmati Pameran Seni Wirama di Museum Sonobudoyo || YP/Fadholy

Yogyapos.com (YOGYA) - Rangkaian kegiatan FKY 2019 terus bergerak. Bertempat di Museum Sonobudoyo, Senin (8/7) petang, pameran seni rupa bertajuk ‘Wirama’ resmi dimulai. Dan akan berlangsung hingga 16 Juli mendatang.

Kabid Tradisi, Seni dan Budaya Disbud DIY, Dra Eni Lestari Rahayu dalam open speechnya mengatakan, cara kita memaknai waktu akan kering tanpa hadirnya unsur seni. “Semoga karya-karya yang ditampilkan para seniman bisa memberi kesegaran alam logika kita dan bisa diapresiasi khalayak luas,” ujar Dra Eni didampingi Ketum FKY 2019 Paksi Raras.

Pameran ini melibatkan 33 seniman dengan beragam karya seni. Antara lain seni pahat, instalasi, fotografi, video dan performance art. Pada acara pembukaan, pelukis Syahrizal Pahlevi mempraktikkan seni cukil kayu atau membuat lukisan dengan cara memahat sebidang kayu dan performance artist FJ Kunting turut hadir memeriahkan acara.

Selain kunjungan pada jam reguler, pengunjung juga dapat mengikuti tur pameran bersama kurator, yang digelar pada Jumat (12/7) dan Sabtu (13/7) pukul 15.00. Informasi dan pendaftaran dapat menghubungi Elizabeth (081288022792).

Sementara pada malam harinya, sekitar pukul 20.00, gelaran seni bertema ‘Wiraga’ menampilkan Pagelaran Wayang Kulit berlakon Petruk Ratu dengan dalang Ki Gondo Suharno, di Halaman Sasono Hinggil Dwi Abad. Selain itu juga digelar pameran seni instalasi publik berupa mobil kayuh yang dihias aksara Jawa, di Alun-alun Selatan hingga 15 Juli. (Dol)

 

 

 

 

 


share on: