Oknum Mahasiswa Edarkan Ganja Secara Online

share on:
Kompol Sukar menunjukkan barang bukti ganja milik para tersangka || YP/Fadholy

Yogyapos.com (YOGYA) - Jajaran Satres Narkoba Polresta Yogyakarta berhasil mengungkap penyalahgunaan narkotika jenis ganja. Sejumlah pengedar dan pengguna ganja pun ditahan di Mapolresta Yogyakarta.

Kasatres Narkoba Kompol Sukar, Rabu (9/10/2019) menjelaskan anggotanya dalam kurun waktu September akhir dan Oktober berhasil meringkus sejumlah pengedar dan pengguna ganja. “Beberapa tersangka sudah menjadi target operasi kami. Ini juga berkat informasi dari masyarakat yang sangat kooperatif. MRS, JS dan AM sudah lama kami pantau gerak-geriknya,” kata Kompol Sukar.

Dari keterangan yang dihimpun Yogyapos.com, MRS (21) seorang mahasiswa yang kost di Muja-muju Umbulharjo. Tersangka menjual dan membeli ganja tersebut dengan sistem online. Diringkusnya MRS bermula dari penangkapan tersangka MG di Condongcatur Sleman, yang mengaku mendapat ganja dari MRS. Dari keterangan MG, petugas Satres Narkoba segera mendatangi kos MRS dan dilakukan penggeledahan. Petugas pun menemukan 17 rokok ganja siap jual dengan berat masing-masing 0,18 gram, 1 plastik klip berisi ganja 0,28 gram dan 1 paket ganja utuh seberat 29,38 gram. Dari keterangan pelaku, dia membeli ganja secara online dari luar Yogya, melalui jasa pengiriman ekspedisi.

“Saya belinya online dari luar Yogya. Saya jualnya juga online,” aku tersangka MRS.

Kompol Sukar menambahkan, sedangkan dari tersangka JS (23) petugas berhasil mengamankan 1 plastik klip berisi ganja 23,8 gram, 1 unit sepeda motor dan 1 Handphone. Sementara untuk tersangka AM (40), petugas menyita 1 rokok ganja 0,12 gram, 1 handphone, 1 kertas paper, 1 jaket dan 1 plastik klip berisi ganja 3 gram. “Ketiga tersangka, MRS, JS dan AM masuk target operasi. Sudah lama kami monitor. Para tersangka kami jerat dengan Pasal 111 dan Pasal 127 tentang penyalahgunaan narkotika, UU No.35 Tahun 2009, dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara serta denda Rp 8 miliar,” tandas Kasatres Narkoba Polresta Yogyakarta.   (Dol)

 

 

 

 

 

 


share on: