LPMP DIY dan Disdikpora Launching Perpustakaan Keliling di SDN Kembangan

share on:
Dr Sarjilag MPd saat memberikan sambutan Launching Perpustakaan Keliling di SD Kembangan Bantul || YP/Akhir Lusono

Yogyapos.com (BANTUL) – LPMP DIY bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemudan dan Olah Raga (Disdikpora) Bantul, menyelenggarakan Sosialisasi Gerakan Literasi Sekolah dan Launching Perpustakaan Keliling, di SD Negeri Kembangan Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, Selasa (30/7/2019).

Launching dilakukan oleh Kepala Disdikpora Bantul Isdarmoko MMPd Par, dihadiri para tamu undangan diantaranya dari Disdikpora, LPMP DIY, Kepala Sekolah SD se Kecamatan Bambanglipuro, Pengawas dan guru.

Ketua LPMP DIY, Dr Sarjilah MPd dalam sambutannya mengatakan, perpustakaan keliling merupakan salah satu gerakan literasi sekolah. LPMP DIY akan mendukung Pemda melalui Dikpora dalam bimbingan menulis PTK, PTS, story telling, membaca dengan benar dan  mading.

“Di tahun 2019 tercatat 3 kabupaten yang terlibat kegiatan perpustakaan keliling di DIY yaitu Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulonprogo. Jumlah sekolah yang terlibat se DIY sebanyak 34. Launchingnya kita pusatkan di Bantul,” ujarnya.

Sementara itu sebelum membuka kegiatan dengan memukul kenong,  Kadisdikpora Bantul menyampaikan bahwa selama 2019 ini terdapat 8 sekolah di Bantul yg mengikuti kegiatan gerakan literasi sekolah. Diharapkan pada tahun mendatang ada tambahan sekolah sasaran.

Disampaikan pula, ada Peraturan Menteri tentang Gerakan Literasi yakni Permen Nomor 23 Tahun 2015, yang berisikan penanaman budi pekerti melalui literasi. Budaya literasi itu penting, namun faktanya kegemaran membaca masyarakat kita masih sangat kurang. Gerakan literasi sekolah dan perpustakaan sekolah perlu didukung. “Perpustakaan sekolah itu vital bagaikan jantung. Sehingga perpustakaan itu harus hebat dan menginspirasi. Perpustakaan harus dijaga dan dirawat untuk dijadikan pusat mencapai wawasan yang luas,” tandasnya.

Acara launching berlangsung lancar, dimeriahkan sejumlah hiburan

para siswa-siswa cerdas yang menampilkan geguritan, baca puisi, pantun, bercerita, membaca, karawitan, tarian. Ada juga baca buku dari unsur PTP LPMP DIY Wara Winartiningsih MPd dan Adri Margono. (Akhir Lusono)

 


share on: