Literasi Braille Mudahkan Siswa Tuna Netra

share on:
Suasana Literasi Braille dikemas menghibur dengan interaksi antar siswa dengan praktisi pembimbing || YP/Fadholy

Yogyapos.com (BANTUL) - Sebanyak 70 siswa berkebutuhan khusus, terutama tuna netra mengikuti acara Literasi Braille (Libra) di Grhatama Pustaka, Jalan Raya Janti Bantul, Selasa (8/10).

Aneka kegiatan disodorkan pihak Balai Layanan Perpustakaan DIY. Seperti bedah novel Laskar Pelangi yang menggunakan huruf braille, story telling, bioskop berbisik, serta baca dan tulis huruf braille.

Kepala Balai Layanan Perpustakaan DIY, Nur Satwika mengatakan, kegiatan ini kali pertama digelar. Antusiasme siswa berkebutuhan khusus sangat tinggi untuk mengikuti acara yang dikemas menghibur ini. “Kami bekerja sama dengan beberapa Sekolah Luar Biasa (SLB) untuk acara Libra ini. Pihak SLB juga menyambut baik event edukatif ini, dan berharap bisa rutin digelar,” kata Nur Satwika.

Pesan yang hendak disampaikan acara ini menurut Nur Satwika adalah, memberi semangat dan motivasi tinggi kepada siswa penyandang tuna netra. Ditengah keterbatasan fisik, para siswa SLB ini harus mampu berprestasi. “Fisik yang terbatas tidak menghalangi raihan sebuah prestasi. Dalam Literasi Braille ini, kami memfokuskan pada pendengaran dan perabaan tulisan timbul. Jika dirasa pendengaran siswa kurang tajam, nanti kami bantu dengan braille digital,” tandas Nur Satwika. (Dol)

 

 


share on: