JOGJA COFFEE WEEK : Menikmati Budaya Ngopi dan Sesrawungan

share on:
Pihak Medialink dan Komunitas Kopi Nusantara ketika dalam sesi dialog kopi dengan wartawan di Sellie Coffee || YP/Fadholy

Yogyapos.com (YOGYA) - Kopi itu komoditas. Sedangkan ‘ngopi’ itu adalah budaya. Kopi acapkali memegang peran dalam kultur sesrawungan, tukar pandangan antar rekan dan kolega. Bahkan sastrawan Joko Pinurbo sangat menggilai kopi dan budaya ngopi. “Kita ini secangkir kopi. Kamu cangkirnya, aku kopinya…”

Merespon budaya ngopi yang tumbuh begitu pesat di Yogyakarta, Medialink bekerjasama dengan Komunitas Kopi Nusantara dan sejumlah coffee enthusiast menghelat sebuah acara menarik bertajuk ‘Jogja Coffee Week’ mulai dari tanggal 2-8 Agustus di Hall Jogja Expo Centre (JEC).

Direktur Medialink, Rahadi Saptata mengutarakan, acara ini memberi wadah bagi para penggiat kopi untuk terus berkreasi tanpa batas. Kendati geografis Yogya bukan penghasil kopi mahsyur, tetapi budaya ngopi di angkringan, warung, kantin kantor, hingga coffee shop, sangat menggeliat. “Event yang akan dibuka 24 jam selama 7 hari ini akan menonjolkan perspektif kopi secara luas. Dari hulu hingga hilir ada di acara Jogja Coffee Week. Maka dari itu kami menggandeng Komunitas Kopi Nusantara serta para penggiat kopi (coffee enthusiast) untuk bersinergi menciptakan iklim ngopi yang sehat dan konstruktif,” jelas Rahadi kepada wartawan dalam sesi temu media di Sellie Coffee Prawirotaman, Kamis (1/8) siang.

Perwakilan dari Komunitas Kopi Nusantara, Wisnu dan Andri menjelaskan, pihaknya mengundang sejumlah petani kopi dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Beberapa perusahaan roastery, serta alat dan mesin kopi juga akan hadir di acara ini. “Sebetulnya ini acara dadakan. Persiapan kami sangat singkat. Ya, Alhamdulliah antusiasme penggiat kopi untuk berkontribusi dalam event ini sangat luar biasa. Bahkan kuota pesertanya melebihi ekspektasi kami. Semoga saja target pengunjung 3.000 orang selama acara berlangsung bisa tercapai,” kata Wisnu.

Sedangkan Andri menambahkan, pihaknya juga akan menyisipkan sejumlah konten menarik. Seperti latte art competition, fun brewing, talkshow, vlog coffe, cofffe photo contest, workshop, barista show dan coffee sharing. “Kami kemas secara fun dan educated. Ada live band performance serta magic show juga. Muaranya adalah, kami berharap acara ini bisa menjadi agenda tahunan (annual) secara kontinyu,” tandas Andri didampingi Ferry dari magistra coffee shop.

Seperti Joko Pinurbo yang berseloroh: “Lima menit sebelum menenggak kopi, aku ingat pesanmu. Lebih atau kurang, setiap rezeki perlu dirayakan dengan secangkir kopi…”  (Dol)

 

 

 


share on: