Idul Fitri 1440 H, Gus Hilmy: Urip Iku Urup

share on:
KH Hilmy Muhammad saat berkhutbah di Masjid Agung Manunggal Bantul || YP/Fadholy

Yogyapos.com (BANTUL) - Mayoritas pelaksanaan Salat Idul Fitri 1440 H, Rabu (5/6) di wilayah Bantul, berlangsung khidmat, tertib dan lancar. Salah satunya di Masjid Agung Manunggal Bantul. Sekitar 1.000 jamah berbondong-bondong datang ke masjid terbesar di Bantul ini untuk melaksanakan Salat Ied. Sejumlah petugas dari Polres Bantul yang dibantu pihak takmir masjid juga ikut mengamankan lalu-lintas dan kondusifitas di area Masjid Agung Manunggal Bantul.
Tepat pukul 07.00, salat ied dimulai. Dipimpin oleh imam sekaligus khatib, KH Hilmy Muhammad MA, pimpinan Ponpes Al Munawwir Krapyak Yogyakarta.
Dalam sambutannya, pria yang kerap disapa Gus Hilmy ini menekankan soal persatuan kesatuan, toleransi, guyub rukun & iklim gotong royong. Momentum Idul Fitri bisa menjadi perekat persatuan Bangsa" Ini saat yang baik bagi seluruh umat untuk bergandengan tangan, saling merangkul, hidupkan iklim gotong royong & guyub rukun. Karena sejatinya kemaslahatan untuk sesama adalah poin yang paling penting. Seperti filosfi Jawa: 'Urip Iku Urup'. Hidup harus berguna dan bisa menerangi," jelas Gus Hilmy.
Lebih lanjut Gus Hilmy mengatakan, sudah bukan jamannya saling dendam, dengki dan menebar permusuhan. "Musuh kita bersama adalah hoax. Kabar fitnah dan berita yang tidak jelas muara sumbernya. Terlebih di era digital seperti sekarang. Informasi datang secara masif dan wajib kita filter. Saring sebelum sharing," imbuh KH Hilmy Muhammad MA.
Sementara itu, Takmir Masjid Agung Manunggal Bantul menginfokan jika telah menyalurkan sedekah 1.000 kantong beras ke warga sekitar yang tidak mampu, serta menyalurkan ke sejumlah panti asuhan.
Sedangkan ifaq yang terkumpul saat pelaksanaan salat ied sebesar Rp 25.500.000. Dan infaq selama bulan Ramadan kemarin berhasil terkumpul Rp 55.527.000. (Fadholy)


share on: