FESTIVAL HADROH A.TAKRIB : Upaya Melestarikan Seni Budaya Islami

share on:
Penampilan kelompok Miftahul Jannah dan Nurul Huda yang memukau dewan juri dan mendapat aplaus penonton. Ketua Panitia, Yudi Prihantana (baju biru) didampingi Annas Yanuar || YP/Fadholy

Yogyapos.com (YOGYA) - Festival Hadroh A.Takrib resmi dibuka oleh Ketua Panitia, Yudi Prihantana, Senin (27/5) sore, di Gedung Mandala Bakti Wanitatama, Yogyakarta. Acara yang berlangsung dari 27 – 31 Mei ini diikuti 21 kelompok hadroh yang berasal dari seputaran DIY dan Jateng (Magelang & Muntilan).Dalam sambutannya, Yudi mengatakan, acara ini adalah upaya pihak A.Takrib untuk melestarikan seni budaya hadroh yang sarat sisi religuisitas.“Ditengah gempuran tren sekarang, kami ingin melestarikan seni budaya yang mulai tergerus zaman ini. Kami juga ingin memberi wadah bagi kelompok hadroh yang ada di seputaran DIY dan Jawa Tengah. Dengan animo peserta yang bagus, saya berharap banyak pilot project ini bisa berlangsung secara kontinyu. Semoga bisa rutin dihelat setiap bulan Ramadan. Serta menjadi embrio positif seni budaya islami di Yogya dan sekitarnya,” terang Yudi, didampingi Sekretaris acara, Annas Yanuar.Para peserta wajib membawakan lagu bertemakan Ramadan, jingle A.Takrib dan lagu bebas. Festival Hadroh ini terbagi dalam dua babak.Babak penyisihan dimulai tanggal 27–29 Mei. Final akan digelar tanggal 31 Mei. Lima kelompok yang mendulang poin gemilang di babak penyisihan, lalu diadu pada babak final. Yang akan menentukan Juara 1, Juara 2, Juara 3, The Best Jingle serta The Best Performance. Para juara akan mendapatkan trophy, barang elektronik serta uang pembinaan.

Annas menambahkan, setiap harinya mulai tanggal 27-29 Mei, ada 7 kelompok yang akan bertarung. Penilaian berdasarkan kekompakan, penguasaan panggung, ekspresi, kostum, dan etika. “Dewan juri terdiri dari perwakilan A.Takrib serta praktisi musik islami. Sedangkan peserta mayoritas didominasi ibu-ibu,. Namun ada juga yang kumpulan mahasiswa. Bahkan bapak-bapak. Kami berharap banyak, acara ini bisa menjadi agenda rutin tahunan setiap gelaran A.Takrib Technofest,” kata Annas yang juga didapuk menjadi MC bersama Stety.

Berikut sejumlah kelompok yang mengikuti Festival Hadroh A.Takrib. Tombo Ati, Kadaria, Miftahul Jannah, Az Zidna, Nurul Huda, Thibil Qulub, Robiah Al Adawiya, Nurul Falah, Syifaul Qulub, Asyifa, Manunggaling Rebana, Inara Azalia, Al Dalhariyah, Darussalam, Al Husna, Qodfazana, New Assyifa, AL Khoriyah, Al Hidayah, dan Miftahul Qolbi. (Dol)


share on: