BNNP DIY Musnahkan Sabu 5,465 Kg

share on:
Jajaran stakeholder menunjukkan sabu yang hendak dimusnahkan || YP/Fadholy

Yogyapos.com (YOGYA) - Bertempat di halaman kantor Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) DIY, Rabu (9/10) sebanyak 5,465 kg sabu dimusnahkan jajaran BNNP DIY. Sabu tersebut berasal dari penangkapan tersangka MA di Bandara International Adisutjipto beberapa waktu lalu.

Terdapat 8 paket sabu dengan masing-masing berat:665 gram, 685 gram, 680 gram, 710 gram, 685 gram, 685 gram, 710 gram dan 685 gram. Total berat brutto 5,505 Kg.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kasub Satpom Lanud Adisutjipto Kapten Hendra Suharta, Dirres Narkoba Polda DIY Kombes Jamaludin Farti, Kasi Tindak Pidana Narkotika Kejati DIY Shinta Ayu Dewi SH, serta tokoh masyarakat setempat.

Menurut Kepala BNNP DIY, Brigjen Pol Triwarno Admojo, sebagian sabu dimusnahkan dan sebagian lagi kami simpan sebagai barang bukti di Pengadilan. “Total sabu yang kita amankan 5,05 Kg. Sedangkan sabu yang kita musnahkan 5,465 Kg. Ini sesuai dengan regulasi untuk dimusnahkan terlebih dahulu. Kemudian sisanya sebagai barang bukti di Pengadilan,” ujar Brigjen Pol Triwarno.

Sebelum dilakukan pemusnahan, BNNP DIY telah melakukan uji laboratorium yang menerangkan jika sabu tersebut murni tanpa campuran. Dengan kualitas nomor satu.

Setelah dilakukan penandatanganan berkas pemusnahan kepada jajaran stake holder yang hadir, kemudian sabu yang menyerupai tawas tersebut dilarutkan dalam air panas mendidih. Lalu dimusnahkan ke dalam saluran pembuangan. (Dol)

 

 


share on: