Bergerak Bersama Simpul Sedekah

share on:
Panti Asuhan Daarun Najah rutin mendapat bantuan dari Simpul Sedekah || YP/Fadholy

“Bukankah Kami telah memberikan kesehatan pada badanmu dan memberikan padamu air yang menyegarkan...” (HR Tirmdzi).

Hadist tersebut mengandung banyak makna. Benang merahnya adalah, kita telah diberikan kesehatan dan rezeki yang melimpah. Sudah sewajarnya kita membantu antar umat. Dan prinsip itulah yang memantik Haris Hermawan membentuk komunitas sedekah jalanan pada tahun 2012, yang diberi nama ‘Simpul Sedekah’.

Inti gerakan ini menurut Haris adalah berbagi dan peduli terhadap sesama. Bukankah tangan diatas lebih baik, daripada tangan dibawah. “Aksi social kita antara lain, membantu bencana, bedah rumah/warung, sedekah jalanan, menyantuni sejumlah panti asuhan di seputaran Yogyakarta, hingga membantu pendidikan siswa berprestasi yang kebetulan ekonominya lemah. Mari selagi sehat dan ada rejeki, kita perbanyak amal ibadah kita. Ini juga untuk tabungan kita di akhirat kelak,”tutur Haris kepada yogyapos.com, Sabtu (18/5).

Agenda rutin yang dilakukan Simpul Sedekah, setiap Senin dan Kamis, yakni meemberikan makanan berbuka puasa sunah bagi sejumlah panti asuhan. Ada yang di Bantul, Sleman, kota Yogya, Wonosari dan Kulonprogo.

Untuk di bulan Ramadan, hampir setiap hari Simpul Sedekah membagikan takjil berbuka puasa hingga 200 pax. “Semua panti asuhan kita gilir. Ada jadwalnya. Luruskan niat. Jangan lelah berbuat kebaikan,”tandas Haris yang membuka layanan donasi hotline di Telp/WA 0817 5475 007. (Dol)


share on: