Anggota DPRD Bantul Ikuti Masa Orientasi

share on:
Suasana masa orientasi anggota DPRD Bantul, Rabu (6/11/2019) || YP/Supardi

Yogyapos.com (BANTUL) - Para anggota DPRD Bantul periode 2019/2024 mengikuti masa orientasi yang diadakan oleh Badan Diklat DIY bekerjasama dengan Sekwan Kabupaten Bantul untuk penganggaran, di Yogyakarta, Rabu (6/11/2019).

Sekwan DPRD Bantul Praptaugraha SSos MH mengatakan, diselenggarakannya massa orientasi ini berdasarkan ketentuan adalah merupakan suatu keharusan yang harus diadakan .  Para anggota DPRD  Bantul menanggapi positif dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut karena bisa menambah dan memperluas pengetahuan bagi anggota dewan.

Hal itu diungkapkan oleh anggota Komisi A dari Partai Golkar DPRD Bantul Teguh Santoso SE, Anggota Komisi A dari PDIP DPRD Bantul Anton Wahana SSos dan Anggota Komisi C dari Partai Demokrat Rony Wijaya Indra G SE.

"Saya memang bertekad menjadi dewan yang baik bahkan terbaik. Maka harus berwawasan luas, mengetahui dan mengusai berbagai ilmu  yang diperlukan untuk kedewanan. Massa orientasi kali ini salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan. Dan saya merasakan menjadi bertambah pengetahuannya", kata Teguh Santoso.

Menurutnya, selama ini pihaknya di kedewanan cenderung bersikap diam dan fokus belajar, karena jangan sampai komentarnya salah karena tidak mengetahui permasalahannya. Untuk mengetahui permasalahan, maka harus belajar dengan seksama.  Massa orientasi ini menjadikan pengetahuan semakin mantap, mengusai permasalahan dan berkualitas sebagai dewan yaitu dalam memperjuangkan aspirasikan  masyarakat dan mengkritisi ekskutif.

Sementara itu, Anton Wahana berpendapat dengan mengikuti massa orientasi ini pihaknya memperoleh pengetahuan banyak hal kaitannya dengan kedewanan. Misalnya, dalam kesempatan ini peserta memperoleh wawasan kebangsaan dan  UUD 1945.

Pada kesempatan sama, Rony Wijaya Indra G SE mengatakan dengan mengikuti massa orientasi ini, lebih memantapkan pengatahuan di bidang kedewanan pada dirinya. Sehingga sebagai dewan  akan semakin mantap di dalam menjalankan fungsi dewan yaitu kontroling (pengawasan), bugeting (penganggaran)  dan yuridis (perundangan).

Massa orientasi ini sendiri berlangsung  sejak 5-8 Nopember 2019. Para nara sumbernya satu dari Badan Diklat DIY, pakar dari akademika dan pihak yang berkopenten lainnya. Pada hari  ini Rabu (6/10) nara sumbernya adalah Dr Ir Aswin Eka Adhi MSi (dari Badan Diklat DY) dengan materi wawasan kebangsaan, Agus Wahyu PhD  (akademisi UGM)  dengan materi Pancasila dan UUD 1945, serta Dr Nurhadi Susanto SH MHum (akademisi UGM) dengan materi Kewenangan dan Fungsi DPRD. (Sup)


share on: