Ada ‘Lampor’ dI Sumonar, Legendaris Rasa Kekinian

share on:
Karya Rully Kawit, Anung Srihadi, Dani Argi bertajuk Lampor yang mempesona || YP/Ist

Yogyapos.com (YOGYA) - Seniman video mapping seperti Anung Srihadi, Ruly Kawit dan Dani Argi menggelindingkan sebuah karya visualnya berjudul ‘Lampor’ dalam rangkaian Sumonar Video Mapping Festival di Titik Nol KM, Kamis (1/8) malam. Tak pelak, Gedung Museum Bank Indonesia dan Kantor Pos Besar pun, berubah menjadi persekutuan cahaya yang menari begitu ritmis.

Ruly Kawit menjelaskan,  karya kolaborasinya ini berpesan tentang mitos legendaris Lampor, sebuah pasukan dari Laut Selatan yang melakukan perjalanan utara ke Gunung Merapi. “Ini kisah dongeng yang diceritakan orangtua kita, saat kita masih kecil. Kisah yang epic dan legendaris. Kami mencoba mengemasnya secara modern, mengikuti alur pasar dan tentunya menyesuaikan generasi milenial, agar mudah dicerna,” kata Ruly Kawit.

Dalam karya ‘Lampor’ ini mereka pun menggaet Paksi Raras Alit untuk mendramatisir karya dengan sajian audio yang mampu membuat bulu kuduk merinding.

Rapahel Dony, Ketua Jogjakarta Video Mapping Project (JVMP) menambahkan, showing ini sebagai cara para seniman mempresentasikan karya-karya cemerlangnya. “Sambutan publik dengan event Sumonar ini begitu antusias. Keren. Respect,” katanya singkat.

Seorang pengunjung, Aji Wartono yang ditemui di sela acara mengaku ‘angkat topi’ kepada panitia yang telah mengadakan acara out of the box ini. “Di acara ini kita disuguhi teknik visual mapping. Karya seni dan teknologi bisa membaur secara apik. Para senimannya juga berasal dari lintas disiplin ilmu. Pokoknya top banget lah,” kata Aji yang malam itu membawa anak dan istrinya.

Selain pertunjukan video mapping, Sumonar juga menampilkan pameran instalasi seni cahaya yang bertempat di Loop Station dan masih terbuka untuk umum hingga tanggal 5 Agustus 2019. Sedangkan untuk agenda selanjutnya adalah sesi creative sharing diadakan pada 4 Agustus di Museum Sonobudoyo. Dan closing ceremony pada 5 Agustus. (Dol)

 

 

 

 


share on: