45 ANGGOTA DPRD BANTUL DILANTIK : Sinergitas Legislatif-Eksekutif, Diharap Jadi Reformator Politik

share on:
Suasana pengambilan sumpah dan pelantikan Anggota DPRD Bantul Periode 2019-2024, Selasa (13/8/2019) || YP/Fadholy

Yogyapos.com (BANTUL) - Sebanyak 45 anggota DPRD Bantul periode 2019-2024 diucap sumpah/janji dalam Rapat Paripurna di Ruang Sidang Paripurna DPRD Bantul, Selasa (13/8/2019). Dari 45 anggota dewan terpilih, 29 orang adalah incumbent. Sedangkan 16 orang adalah ‘muka baru’.

Representasi ruang sidang lt.2 DPRD Bantul yang terlampau kecil mengharuskan sejumlah tamu undangan berada di lobi gedung. Dari data Sekwan DPRD Bantul, pihaknya mengundang sekitar 575 tamu undangan.

Acara dihadiri unsur Forkompimda, seperti Bupati Bantul Drs Suharsono, Wabup Bantul Abdul Halim, perwakilan Kodim 0729, Ketua PN Bantul Agung Sulistiyono SH, Kajari Bantul Zuhandi SH MH, perwakilan Polres Bantul, elemen ormas/parpol, awak media serta anggota keluarga dewan terpilih.

Bupati Bantul Drs Suharsono saat membacakan sambutan dari Gubernur DIY mengatakan, tugas utama para legislator terpilih adalah melakukan reformasi politik, serta mengupayakan sinergitas antara legislatif dan eksekutif.

“Kita ini dalam satu atap stakeholder. Bekerja bareng, jaga soliditas dan sinergitas antar lini. Sudah tidak jamannya pengkotak-kotakkan. Kendati bendera kita bermacam-macam. Ada biru, kuning, merah, hijau, putih, namun satu tujuan kita adalah untuk Merah-Putih. Bekerja untuk Bantul,” ujar Suharsono.

Sementara Ketua PN Bantul Agung Sulistiyono SH sesaat sebelum memimpin sumpah janji anggota DPRD Bantul menghimbau agar para dewan terpilih selalu amanah dengan konstituen dan rakyat. “Harus commit dan konsisten terhadap visi-misi program selama kampanye. Membela kepentingan rakyat Bantul. Jangan tebang pilih,” kata Ketua PN Bantul tegas.

Dalam kesempatan itu juga dipilih Ketua dan Wakil sementara DPRD Bantul. Untuk Ketua sementara diemban politisi PDIP Hanung Raharjo ST. Sedangkan Wakilnya dari Gerindra, Nur Subiyantoro SKom.

Dalam pidato singkatnya, Hanung Raharjo menyatakan akan melaksanakan tugasnya sebaik mungkin sebagai ketua sementara. “Saya dibantu Pak Nur Subiyantoro akan koordinasi dengan teman-teman dewan yang lain untuk menjalankan roda di DPRD Bantul sebaik mungkin. Dan meminimalisir miss communication,” terang Hanung didampingi Nur Subiyantoro.

Sementara politisi PAN dari Dapil VI (Kasihan dan Sedayu) Damba Aktivis SH ditemui Yogyapos.com di sela acara menyatakan terimakasih kepada para rakyat Bantul yang telah berpartisipasi pada Pileg kemarin. “Jabatan legislator adalah amanah dari rakyat dan kami wajib menjaganya. Tanpa konstituen, kami bukan apa-apa,” pungkas Damba. (Dol)

 


share on: