25 Sarjana Hukum Ikuti Ujian Advokat KAI

share on:
Wakil Ketua KAI DIY Budi Santoso SH ketat melakukan pengawasan peserta UCA || YP/Ist

Yogyapos.com (YOGYA) – Sebanyak 25 orang Sarjana Hukum, Sabtu (11/5/2019) mengikuti Ujian Calon Advokat (UCA) yang diselenggarakan oleh DPD Kongres Advokat Indonesia (KAI) DIY pimpinan Wisnu Sabdono Putro SH, di Kampus Universitas Widya Mataram, Ngasem, Yogyakarta.

UCA kali ini berlangsung lancar, rata-rata peserta menunjukan minat dan kemampuannya yang memadai sebagai calon advokat. Hal ini sebagaimana disampaikan Wakil Ketua KAI DIY Budi Santoso SH kepada yogyapos.com, Minggu (12/5/2019) petang.

Menurut Budi yang advokat senior ini, UCA merupakan syarat utama bagi Sarjana Hukum yang berminat menjadi advokat. Setelah dinyatakan lulus, mereka wajib menjalani Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) dan proses magang di kantor-kantor hukum yang nantinya ditunjuk oleh organisasi.


Peserta UCA tampak serius mengerjakan soal-soal demi impiannya menjadi advokat profesional || P/Ist
 

Penyelenggaraan UCA ini ketat. Diharapkan para peserta benar-benar memahami soal-soal yang diajukan kepadanya.  “Hasil garapan peserta rata-rata baik., penalaran maupun pengetahuan hukum dan teknis-teknis yuridis seperti pengajuan gugatan dan lain-lain. Cukup membanggakan, semoga ke depan mereka bisa mengikuti pendidikan lanjutan dengan baik pula,” terang Budi.

Budi menyatakan, di era sekarang posisi advokat wajib ditingkatkan kemampuan profesionalitasnya. Dan UCA merupakan tahapan awal untuk mengkondisikan profesionalisme tersebut. Sehingga kelak bisa memberikan kontribusi bagi penegakan hukum. (Met)

 


share on: